TOP News
Home » Destination » Candi Gambar Wetan, Muncul Kembali Setelah Erupsi Kelud
Situs Candi Gambar Wetan (img: Diwarta/Eka Listianto)

Candi Gambar Wetan, Muncul Kembali Setelah Erupsi Kelud

Blitar – Candi Gambar Wetan atau yang akrab disebut “Candi Nggambar Wetan” adalah suatu situs peninggalan bangunan candi yang terletak di 7km sebelah utara candi penataran, sedangkan candi penataran itu senditi berada di 12km utara kota blitar.

Sebagian dari keseluruhan situs candi gambar wetan ini masih tertutup oleh pasir dan tanah, karena candi ini terletak sebelah selatan Gunung Kelud dan menjadi aliran lahar. Bagian areal dari candi ini yang ter-ekskavasi dan masih utuh adalah berupa dua buah dwarapala yang menjaga di pingggir tangga masuk candi ini.

Menurut juru pelihara situs ini, sebenarnya Candi Gambar Wetan ini adalah tempat peristirahatan Raja Hayam Wuruk [masa kerajaan majapahit] sebelum menuju Candi Penataran yang di analogikan bahwa candi penataran tersebut merupakan tempat untuk pemujaan do’a – do’a [ Agama Hindu ]

Bagi para pengunjung untuk mencapai candi ini, harus memiliki fisik yang kuat karena jalan menuju ke lokasi Candi Gambar Wetan cukup melelahkan, jadi diharapkan menggunakan kendaraan yang cukup mumpuni untuk menempuhnya atau sobat travelers bisa menumpang truk penambang pasir bila mau.

Semoga salah satu tempat wisata ini jadi referensi sobat travelers untuk menghabiskan waktu atau sekedar menghilangkan penat, sekaligus menambah pengetahuan kita terhadap sejarah masa Kerajaan Majapahit.

Advertisement

Comments

Related Post

Wisata Kuliner Hits Di Yogyakarta

Wisata Kuliner Hits Di Yogyakarta

Yogyakarta memang menyediakan keindahan wisata. Disini, anda bisa menikmati keindahan wisata sejarah, alam, hingga kuliner. Saat anda berkunjung disini, pastikan anda telah mencoba makanan kuliner  khas Yogyakarta berikut ini yang bisa memanjakan lidah anda. Simak baik-baik  makanan khas Yogyakarta : Gudeg Yogyakarta Makanan yang menjadi ikon wisata kuliner di Yogyakarta adalah gudeg. Kamu yang liburan Read More »

Ingin Wisata Ke Solo? Kurang Lengkap Rasanya Jika Belum Merasakan 9 Kuliner Hits Ini

Ingin Wisata Ke Solo? Kurang Lengkap Rasanya Jika Belum Merasakan 9 Kuliner Hits Ini

Seperti yang Diwartakan, Solo Update-Solo adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa tengah dengan menawarkan berbagai pesona alam mapun sejarah di dalamnya. Kota ini tidak hanya terkenal dengan wisata sejarah dan budayanya saja, tetapi juga terkenal dengan surganya kuliner yang sangat digemari oleh banyak pelancong wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata kuliner di Solo memang Read More »

Bangka Belitung, Punya Museum Timah Yang Kaya Akan Sejarah

Bangka Belitung, Punya Museum Timah Yang Kaya Akan Sejarah

Wisata – ini merupakan kebahagiaan tersendiri yang dapat Anda nikmati saat mengunjungi Museum Timah di Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Museum ini awalnya sebuah rumah dinas Hoofdt Administrateur Banka Tin Winning (BTW) yang beralamat di Jalan Ahmad Yani No. 179, Pangkalpinang. Berdiri sejak tahun 1958, Museum Timah Indonesia jadi satu-satunya museum timah di Indonesia dan bahkan Read More »

Candi Sanggrahan di Tulungagung

Candi Sanggrahan di Tulungagung

(Candi Sanggrahan di Tulungagung) – Candi Sanggrahan terletak di Dusun Sanggrahan, Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu. Secara umum kompleks Candi Sanggrahan terdiri atas sebuah bangunan induk dan dua buah sisa bangunan kecil lainnya. Bangunan induk menggunakan batuan andesit dengan isian bata. Bangunan induk berukuran panjang 12,60 m, lebar 9,05 m, dan tinggi 5,86 m. Bangunan ini Read More »