TOP News
Home » Destination » Candi Gambar Wetan, Muncul Kembali Setelah Erupsi Kelud
Situs Candi Gambar Wetan (img: Diwarta/Eka Listianto)

Candi Gambar Wetan, Muncul Kembali Setelah Erupsi Kelud

Blitar – Candi Gambar Wetan atau yang akrab disebut “Candi Nggambar Wetan” adalah suatu situs peninggalan bangunan candi yang terletak di 7km sebelah utara candi penataran, sedangkan candi penataran itu senditi berada di 12km utara kota blitar.

Sebagian dari keseluruhan situs candi gambar wetan ini masih tertutup oleh pasir dan tanah, karena candi ini terletak sebelah selatan Gunung Kelud dan menjadi aliran lahar. Bagian areal dari candi ini yang ter-ekskavasi dan masih utuh adalah berupa dua buah dwarapala yang menjaga di pingggir tangga masuk candi ini.

Menurut juru pelihara situs ini, sebenarnya Candi Gambar Wetan ini adalah tempat peristirahatan Raja Hayam Wuruk [masa kerajaan majapahit] sebelum menuju Candi Penataran yang di analogikan bahwa candi penataran tersebut merupakan tempat untuk pemujaan do’a – do’a [ Agama Hindu ]

Bagi para pengunjung untuk mencapai candi ini, harus memiliki fisik yang kuat karena jalan menuju ke lokasi Candi Gambar Wetan cukup melelahkan, jadi diharapkan menggunakan kendaraan yang cukup mumpuni untuk menempuhnya atau sobat travelers bisa menumpang truk penambang pasir bila mau.

Semoga salah satu tempat wisata ini jadi referensi sobat travelers untuk menghabiskan waktu atau sekedar menghilangkan penat, sekaligus menambah pengetahuan kita terhadap sejarah masa Kerajaan Majapahit.

Advertisement

Comments

Related Post

Goa Lengko dikawasan Gunung Lengko Nganjuk

Goa Lengko dikawasan Gunung Lengko Nganjuk

Nganjuk, Seorang pencari batu menemukan sebuah goa alam yang penuh dengan bebatuan stalagtit dan stalagmit di Gunung Lengko, Kabupaten Nganjuk. Temuan ini sekarang menjadi tontonan warga. Goa di lereng Gunung Lengko Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur ini menjadi Objek wisata mendadak, yang warga sekitar menamakannya dengan Goa Macan. Penemu bernama Nyamad, warga sekitar. Lokasi goa ini Read More »

Goa Selomangleng di Tulungagung

Goa Selomangleng di Tulungagung

(Goa Selomangleng di Tulungagung) – Kompleks Goa Selomangleng yang menempati areal kehutanan di lingkungan BKPH Kalidawir, atau tepatnya di Dusun Sanggrahan Kidul, Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu, merupakan lereng Jurang Sanggrahan yang cukup terjal. Berbatasan dengan kebun milik penduduk, kompleks ini dapat dibedakan atas dua bagian, yakni bagian yang sekarang agak datar yang berada di bagian Read More »

Bangkok Jadi Tujuan Wisata Favorit di Asia

Bangkok Jadi Tujuan Wisata Favorit di Asia

diwarta.com – Belum lama ini MasterCard membeberkan data yang diketahui bahwa kawasan Asia-Pasifik masih mampu menjadi tujuan favorit wisatawan dari belahan dunia. Jumlah pengunjung di wilayah Asia Pasifik naik 9,5 persen pada 2012 sehingga menjadi 77,6 juta hanya 10 kota tujuan di Asia Pasifik. Sementara itu biaya yang dikeluarkan oleh wisatawan untuk berlibur dikawasan tersebut Read More »

Wisata Pantai Jolosutro

Wisata Pantai Jolosutro

(Wisata Pantai Jolosutro) – Pantai Jolosutro berada di desa Ringenrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar berjarak sekitar 45 km dari kota Blitar ke arah Selatan. Pantai Jolosutro merupakan pantai bagian dari kawasan Laut pantai Selatan yang dominan memiliki ombak laut selatan yang besar dan sangat indah, oleh sebab itu sangat dilarang bagi wisatawan untuk mandi di Read More »