TOP News
Home » Destination » Ingin Wisata Ke Solo? Kurang Lengkap Rasanya Jika Belum Merasakan 9 Kuliner Hits Ini
My-Destination (img: travelingdessyo)

Ingin Wisata Ke Solo? Kurang Lengkap Rasanya Jika Belum Merasakan 9 Kuliner Hits Ini

Seperti yang Diwartakan, Solo Update-Solo adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa tengah dengan menawarkan berbagai pesona alam mapun sejarah di dalamnya. Kota ini tidak hanya terkenal dengan wisata sejarah dan budayanya saja, tetapi juga terkenal dengan surganya kuliner yang sangat digemari oleh banyak pelancong wisatawan lokal maupun mancanegara.

Wisata kuliner di Solo memang sangatlah beragam dan membuat lidah penasaran, selain itu harganya pun terbilang sangat murah untuk kota yang terbilang besar dan juga menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Solo.

Penasaran, berikut rekomendasi wisata kuliner di kota Solo yang wajib di coba:

1. Nasi Liwet

nasi-liwet-solo (img: ubermoon.me)

nasi-liwet-solo (img: ubermoon.me)

Nasi liwet merupakan salah satu kuliner  yang identik dengan kota Solo. Nasi liwet ini biasanya disajikan dengan daun pisang yang dipincuk. Untuk isinya sendiri terdiri dari nasi gurih yang dihidangkan dengan kaldu ayam, sayur labu siyam, telur pindang rebus, daging ayam suwir dan kuntum yang dibuat dari kuah santan kental. Kuliner populer Solo ini dapat kita jumpai di beberapa tempat antara lain di perempatan hotel Novotel, sepanjang depan pasar Kartasura, dan di daerah sekitar Widuran, Solo. Nasi liwet ini biasanaya buka pada malam hari.

2. Serabi Notosuman

Serabi-Notosuman-Solo-Ny-Lidia (img: KabarKuliner.com)

Serabi-Notosuman-Solo-Ny-Lidia (img: KabarKuliner.com)

Berkunjung ke kota Bengawan rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi makanan khas yang satu ini yaitu serabi notosuman. Gerai serabi ini terletak di Jalan Mohammad Yamin No. 28 Surakarta. Terkenal sejak tahun 1923 Serabi Notosuman Solo adalah primadona dikalangan pelancong yang mengunjungi kota Solo bahkan serabi ini telah menjadi salah satu oleh-oleh khasnya kota Solo.

3. Cabuk Rambak

cabuk-rambak (img: mewalik-jaya.blogspot)

cabuk-rambak (img: mewalik-jaya.blogspot)

Kuliner yang satu ini cocok sekali untuk hidangan sarapan yang sangat terkenal di kota budaya. Cabuk Rambak tersebut terdiri dari ketupat yang diiris tipis-tipis, sambal wijen dan karak yang disajikan dengan wadah daun pisang yang dipincuk. Penjual Cabuk Rambak tersebut dapat ditemui di sekitar Stadion Manahan Solo pada waktu pagi hari

4. Timlo Solo

nasi-timlo-komplit (img: Widhiaanugrah.com)

nasi-timlo-komplit (img: Widhiaanugrah.com)

Jika berkunjung ke Solo dan ingin menikmati makanan khas yang berkuah maka alternatif yang dapat dipilih adalah Timlo Solo. Para wisatawan dapat menikmati segarnya hidangan berkuah ini yang disajikan dengan irisan sosis ayam, telur ayam pindan dan irisan hati ampela yang dicampur dengan segarnya kuah yang gurih dan sangat menggiurkan.

5. Selat Solo

solo-heritage-selat-solo-mbak-lies (img: Good-Indonesian-Food.com)

solo-heritage-selat-solo-mbak-lies (img: Good-Indonesian-Food.com)

Selat Solo sendiri sebenarnya merupakan modifikasi dari beefsteak atau sering disebut dengan bistik) yang dibuat dengan konsep bumbu yang lebih kejawen. Sajian utama dari seporti selat Segar Solo adalah daging sapi yang diiris agak tipis, kemudian dimasak dengan cara disemur. Selain daging sapi, Selat Solo juga disajikan dengan telur rebus, kripik kentang, buncis dan wortel yang sebelumnya ditumis dengan margarin, bawang merah, tomat potong dan lada serta disiram dengan kuah lezat berwarna kecoklatan yang terasa manis dan gurih.

6. Sate Kere dan Sate Buntel

Sate Kere

sate-kere (img: slemanonline.com)

sate-kere (img: slemanonline.com)

Tahukah kalian dengan sajian kuliner khas Solo satu ini? jangan sampai salah pesepsi ketika mendengar namanya yang sedikit aneh ini. Dalam bahasa Indonesia, kere artinya miskin. Tapi bukan berarti sate kere ini merupakan sate miskin. Maksud dari sate ini merupakan sate yang dijual dengan harga murah. Sate kere dibuat dari potongan tempe gembus menggunakan tusuk sate dan dibakar diatas arang dengan campuran bumbu bacem gurih dan manis serta ditambah dengan sambal kacang, terasa sangat nikmat bukan?

Sate Buntel

Sate-Buntel (img: Beritakepo.com)

Sate-Buntel (img: Beritakepo.com)

Sedangkan sate buntel merupakan sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang dilapisi lemak kemudian dibuntel atau dibungkuskan pada tusuk sate sebelum dibakar. Rasanya?Pasti lezat!

7. Pecel Ndeso Solo

pecel-solo-ndeso (img: SeleraKita.com)

pecel-solo-ndeso (img: SeleraKita.com)

Hidangan pecel ndeso ini berupa nasi beras merah yang dicampur dengan sayuran rebus yang disirami dengan sambal wijen hitam. Selain itu, makanan khas Solo tersebut  akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan belut goreng, wadar pari goreng, telur ceplok.

8.Tengkleng Solo

Tengkleng-Kambing (img: Toko-Mesin-Maksindo.com)

Tengkleng-Kambing (img: Toko-Mesin-Maksindo.com)

Pasar klewer merupakan pusatnya bagi orang-orang diseluruh penjuru daerah bahkan turis-turis pun banyak yang menyambangi pusat sentra batik terbesar di kota Solo ini. Letaknya tidak jauh dari tempat wisata Keraton Solo. Apabila kita menyambangi obyek-obyek wisata di Solo jangan lewatkan kesempatan untuk dapat mencici wisata kuliner yang kebetulan lokasinya tidak jauh dari destinasi wisata Keraton dan Pasar Klewer ini. apalagi disaat siang hari? Tengkleng Bu Edi sangat tepat menjadi pilihan menu bagi wisatawan karena menu satu ini sangat menggoda untuk menuntaskan rasa lapar di siang hari. Olahan tulang belulang dan jeroan kambing dengan cita rasa gurih, segar, dan sedikit pedas ini memang menjadi ciri khas dari menu ini.

9.Es Gempol Pleret Pak Suhar

es-gempol-pleret (img: Okezone-Lifestyle.com)

es-gempol-pleret (img: Okezone-Lifestyle.com)

Penasaran? Makanya apabila berkunjung ke Solo jangan lupa untuk menyambangi warung Pak Suhar ini yang berada di Jalan Dr. Wahidin, tepatnya di samping Masjid Tegalsari Solo, Es Gempol Pleret Pak Suhar buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB. Gempol dibuat dari tepung beras yang dipapatkan dan dibentuk bulat pipih, sedangkan pleret terbuat dari adonan tepung beras dan gula Jawa. Keduanya dicampur dengan santan cair dan es batu, serta semacam saus yang terbuat dari campuran gula Jawa dan gula pasir. Dijamin pembeli pasti puas dengan sajian es yang segar dan kenyang ini.

Itulah Beberapa destinasi wisata kuliner yang ada di kota Solo, dan wajib kita kunjungi ketika kita berada di kota “The Spirit of Java” ini.

Advertisement

Comments

Related Post

Ingin Wisata Ke Solo? Kurang Lengkap Rasanya Jika Belum Merasakan 9 Kuliner Hits Ini

Ingin Wisata Ke Solo? Kurang Lengkap Rasanya Jika Belum Merasakan 9 Kuliner Hits Ini

Seperti yang Diwartakan, Solo Update-Solo adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa tengah dengan menawarkan berbagai pesona alam mapun sejarah di dalamnya. Kota ini tidak hanya terkenal dengan wisata sejarah dan budayanya saja, tetapi juga terkenal dengan surganya kuliner yang sangat digemari oleh banyak pelancong wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata kuliner di Solo memang Read More »

Serunya Naik Becak Roda 4 di Kawasan Alun-alun Kota Blitar

Serunya Naik Becak Roda 4 di Kawasan Alun-alun Kota Blitar

Pernah melihat becak roda 4?, Pada umumnya Becak di Indonesia memiliki 3 roda, satu roda dibelakang dan dua roda didepan untuk menyangga penumpang. Namun, kini di Indonesia sudah mulai dikembangkan becak dengan 4 roda atau yang disebut juga becak wisata. Becak roda 4 ini bukanlah becak yang dipakai untuk mengangkut barang / penumpang seperti becak Read More »

Masjid Kuin, Masjid Bersejarah di Banjarmasin

Masjid Kuin, Masjid Bersejarah di Banjarmasin

(Masjid Kuin, Masjid Bersejarah di Banjarmasin) – Masjid Kuin atau yang dikenal dengan sebutan Masjid Sultan Suriansyah ini berlokasi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Masjid ini berdiri sejak tahun 1526 yang merupakan salah satu masjid tertua bersejarah di Indonesia, kini masjid ini masih berdiri kokoh dan masih digunakan untuk beribadah. Masjid Kuin dibangun pada masa pemerintahan Read More »

Nikmati Keindahan Pantai Ora, Maluku

Nikmati Keindahan Pantai Ora, Maluku

(Nikmati Keindahan Kawasan Pantai Ora, Maluku) – Tak perlu bepergian jauh-jauh ke luar negeri seperti Maladewa maupun Hawaii untuk menikmati indahnya alam pantai. Di Indonesia pun masih banyak pantai yang masih alami dan tidak kalah indah dengan pantai yang menjadi favorite wisatawan dunia, salah satunya adalah Pantai Ora yang terdapat di Pulau Seram, Maluku Tengah. Read More »